Jumat, 21 Februari 2014

Refleksi satu tahun nge Blog

Tidak terasa sudah satu tahun aku terjun untuk ikutan ngeblog. Warna-warni ngeblog seolah telah ikut memberi nuansa merah kuning hijau dalam pelangi hidupku. Bukan itu saja blog telah mengenalkanku pada dua hal; disiplin dan konsisten.

Tidak tepat sih kalau dibilang mulai ngeblog bulan januari, tepat satu tahun yang lewat. Yang benar bulan januari adalah awal seriusnya diriku untuk menuangkan ide dalam sebuah blog. Karena sebenarnya aku mulai mengenal blog mulai awal juli 2007. Tapi biarlah, januari 2008 kuanggap sebagai awal ngeblog.

Masih teringat di awal-awal ngeblog, thank banget sama Mbak Fanny atas bukunya yang lumayan sangat membantu. Juga buat Doni sebagai sahabat ngenet gratis di kampus. Aku ga bakalan lupa atas jasa-jasa kalian.

Merefleksi blog selama satu tahun tentu tak lepas dari kesalahan-kesalahan yang sudah kubuat. Saat kuamati postinganku tiap bulan baru kusadari ternyata diriku adalah seorang yang tidak disiplin dan konsisten. Lebih tepatnya tidak mut2an. Kadang satu bulan ada yang penuh postingan. Itu terjadi saat ide benar-benar mengalir seperti air. Tapi ada juga yang satu bulan cuma dua postingan. Gila kemana aja gue waktu itu.

Namun begitu kagum juga sih, pagerank blogku sudah pada posisi 3. Artinya isi blogku benar-benar terindeks dengan baik oleh Google. Tetapi iri juga saat kunjungan ke blog temen-temen yang isi postinganya penuh dengan komentar. Blog mereka dikunjugi atas dasar langganan. Lain dengan blogku yang lebih rame karena pengunjung kebetulan. Lebih tepatnya kesasar. he..he

Sadar juga itu kesalahan terbesarku dalam nge-Blog. Hanya nulis lalu biarkan. Seharusnya kalau aku mau dapat rating yang tinggi penuh dengan komentar, aku harus kunjungan dong. Rutin mendatangi pintu-pintu rumah blog kawan, baca-baca postingan mereka, tinggalkan jejak lewat komentar, aktif dalam komunitas blogger, ikutan milis n forum, gabung di pesta blogger...etc

Masa lalu tetap masa lalu. Mau sih seperti itu. Tapi kondisi memang tidak selalu mendukung. Koneksi internet yang belum tetap, pekerjaan yang numpuk2, n malas (ini yang paling dominan). Borok-borok yang harus cepat diobati di tahun baru ini.

Terakhir sebagai penutup refleksi ngeblog satu tahun ini aku ucapkan terima kasih kepada semua orang yang sudah berkunjung dan memberikan masukan terhadap blog ini. Aku akan berusaha memperbaiki kesalahan-kesalahan yang terlanjur kulakukan.
Keep spirit, keep smile, always blogging....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar