Sabtu, 09 November 2013

Cara Membuat Daftar Isi Table of Contents Pada Microsoft Office Word


Postingan ini adalah salah satu request dari salah satu teman saya karena saat ini dia sedang mengerjakan penulisan skripsi atau tugas akhir untuk kuliahnya, dan mohon maaf menunggu karena kesibukan ane yang sedang menyebarkan ilmu komputernya. hehe.. 

Setelah beberapa waktu lalu ane membuat postingan yang berjudul Shortcut-Shortcut Untuk Microsoft Office Word, artikel kali ini masih tentang office lagi, yaitu Cara Membuat Daftar Isi Pada Microsoft Office Word 

Untuk versi microsoft officenya ane masih menggunakan yang versi 2007 karena di komputer ane belum terintall yang 2010 keatas. Tapi mungkin ga banyak perbedaan untuk cara membuat Daftar Isi pada microsoft office versi yang baru. OK, langsung aja. Untuk membuat daftar isi menjadi lebih cepat dan rapi yang mesti kamu perhatikan sebelumnya adalah format huruf (Styles).
1. Dalam pembuatan Judul format huruf harus H1 atau Heading 1. Ini merupakan standar dalam penulisan judul, baik dalam pembuatan website atau eBook karena dalam pembuatan eBook harus diperhatikan agar bisa memenuhi SEO pada eBook. Lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelas :

2. Sub Judul, format untuk sub judul harus berformat H2 atau Heading 2. Ini juga merupakan standar penulisan Sub Judul. Klik gambar untuk melihat jelas :

3. Kalau kamu memiliki sub judul lagi kami bisa menggunakan format H3 atau Heading 3. begitu jugaa seterusnya.

4. Setelah semua kewajiban yang mesti di penuhi telah dipenuhi, sekarang tinggal proses pembuatan Daftar isinya. Ini adalah inti postingan ane kali ini. Klik References >> Table of Contents >> Pilih Format sesuai kebutuhan kamu.

5. Kurang dari 5 detik daftar isi telah selesai dibuat.
Selamat mencoba.. 

Catatan : Untuk pengguna MS Word 2003, pada langkah nomor 4 perbedaannya adalah Klik Insert >> Reference >> Index and Tables lalu pilih format sesuai kebutuhan kamu.

OK, tutorial cara mudah membuat daftar ini telah selesai.
Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar