Rabu, 23 Oktober 2013

Contoh Soal Psikotes dan Jawabannya

Contoh Soal Psikotes - Ketika mendengar kata psikotes pastinya kebanyakan dari anda akan mengerutkan dahi dan membayangkan test psikotes yang menegangkan. Psikotes merupakan test untuk mengukur aspek individu secara psikis. Test psikotes dilaksanakan dalam beberapa golongan, seperti test psikotes tertulus, visual atau evaluasi secara verbal untuk mengukur fungsi kognitif dan emosional. Tes psikotes dapat dilaksanakan untuk anak-anak maupun dewasa. 

Untuk mempersiapkan diri menghadapi soal-soal psikotes yang akan menegangkan, biasanya kita akan mencari beberapa contoh soal psikotes beserta jawabannya, yang digunakan untuk berlatih sehingga anda memiliki sedikit bekal untuk menghadapi test psikotes nanti. Di internet kini sudah banyak dapat dengan mudah menemukan contoh soal psikotes. Namun sebelum anda benar-benar akan menghadapi psikotes, sebaiknya anda mengetahui secara garis besar psikotes dibedakan menurut jenis test kepribadian, seperti berikut: 
contoh soal psikotes

Contoh Soal Psikotes


Test kepribadian grafis yang merupakan sebuah test yang menilai kepribadian seseorang berdasarkan gambar yang dibuatnya, yang dapat meliputi seperti: 
  • Test Wartegg yang bertujuan untuk meneliti karakter seseorang dari hal emosi, imajinasi, dinamisme, kontrol dan reality function. 
  • Test DAP (Draw A Person) yang bertujuan untuk menilai karakter dan kepribadian seseorang dari cara menganalisa gambar orang yang dibuat oleh peserta test tersebut. 
  • Test Baum Tree dan Test HTP (House Tree Person) yang bertujuan untuk menilai karakter dan kepribadian seseorang dari cara menganalisa gambar pohon yang dibuat oleh peserta test tersebut. 

Tes kepribadian kuesioner yang merupakan sebuah test yang menilai kepribadian seseorang berdasarkan jawaban yang dipilihnya terhadap sejumlah pertanyaan yang diajukan, yang dapat meliputi seperti: 
  • Tes Efektifitas Diri yang bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif seseorang dalam melakukan tugas dan menyelesaikan berbagai situasi sulit. 
  • Tes EPPS yang bertujuan untuk mengetahui tipe motivasi seseorang dengan cara menyuguhkan sejumlah pertanyaan tertentu. 
  • Tes MBTI yang bertujuan untuk mengetahui tipe kepribadian seseorang dalam lingkungannya. 
  • TES MAPP yang bertujuan untuk mengukur pilihan seseorang dalam berbagai hal yang berkaitan dengan pekerjaan dan dunia profesional. 
  • Tes Koran Pauli yang bertujuan untuk mengukur karakter seseorang pada beberapa aspek seperti aspek keuletan, aspek kemauan, aspek emosi dan aspek stabilitas diri dengan melakukan penghitungan sederet angka. 
  • Tes Ketelitian yang bertujuan untuk mengukur tingkat kecermatan dan ketelitian dalam mengolah dara yang berupa angka, kata atau kombinasi keduanya. 
  • Tes Kerjasama yang bertujuan untuk menilai kemampuan seseorang untuk bekerja dalam sebuah tim yang solid. 
  • Tes Potensi Sukses yang bertujuan untuk menilai kecenderungan seseorang untuk menjadi orang sukses berdasarkan faktor tertentu dalam diri seseorang. 

Dengan berlatih dari beberapa contoh soal psikotes yang dapat ditemukan di internet, dapat membantu anda untuk mempersiapkan diri lebih baik. Karena contoh soal psikotes dapat menjadi acuan utama untuk memprediksi beberapa soal yang akan muncul di test psikotes nantinya. 

Contoh Soal Psikotes


Untuk mengerjakan soal psikotes anda harus memiliki kepercayaan diri dan keyakinan agar dapat mengerjakan soalnya dengan baik dan benar. Jangan sampai anda mengerjakan soal psikotes dengan perasaan deg-degan dan terburu-buru, karena akan menyulitkan konsentrasi anda, sehingga akan banyak mengalami kesalahan ketika menjawab. 

Untuk menghadapi psikotes bukanlah perkara mudah, untuk itu anda dapat mencari beberapa contoh soal psikotes dan jawabannya yang dapat ditemukan di internet, yang dapat digunakan untuk anda berlatih. Sekian ulasan mengenai Contoh Soal Psikotes dan Jawabannya, semoga dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar