Sabtu, 19 Oktober 2013

Pengertian Power Suplply

Bagian penting dari komputer yang kadang kita sepelekan adalah power supply unit (PSU), dimana tips memilih power supply yang baik sebenarnya dapat menentukan lamanya umur dari PC yang kita miliki. Power supply memiliki peranan penting karena semua komponen lain dapat bekerja karena adanya pasokan tegangan dari power supply ini, jadi kalau ternyata power supply yang digunakan tidak memenuhi standar atau hasil tegangan outputnya tidak stabil, maka akan mempercepat kerusakan komponen-komponen lainnya.

Lalu bagaimana cara memilih power supply yang baik? Untuk menetapkan suatu standar baku sebuah power supply layak digunakan atau tidak memang agak sulit karena dipasaran tersedia berbagai spek power supply dengan harga yang bervariasi.

Disini kita lihat saja beberapa kriteria power supply yang baik untuk digunakan, sehingga diharapkan kalau power supply yang kita beli sudah memenuhi beberapa kriteria tersebut maka akan menjamin kualitas dan keawetan dari power supply tersebut.

Beberapa kriteria untuk sebuah power supply yang baik diantaranya:
  1. Terdapat sistem pengaman tegangan lonjakan. Hal ini penting untuk mengantisipasi jika suatu saat terjadi lonjakan listrik PLN maka tidak akan merusak komponen lain didalam PC.
  2. Konversi yang baik. Maksudnya sebuah power supply dengan sistem kerja ACmatic harus dapat mengubah tegangan listrik AC (bolak-balik) menjadi tegangan DC (searah) dengan sempurna tanpa adanya cacat tegangan.
  3. Filter yang baik. Maksudnya arus listrik yang dihasilkan oleh power supply hendaknya bersih dan tidak ada noise listrik yang dapat meng-interferensi perangkat komputer.
  4. Sistem isolasi yang baik. Hal ini penting untuk menghindari terjadinya kebocoran tegangan atau short dengan casing sehingga akan menimbulkan kerusakan pada pemakaiannya.
Itulah beberapa kriteria power supply yang layak digunakan, selain dari hal-hal diatas masih banyak pertimbangan lain untuk memastikan apakah power supply yang kita beli sudah memenuhi syarat. Misalnya seperti dilihat dari segi harga, harga yang mahal akan memberikan kompensasi jika suatu power supply tersebut memiliki kualitas yang terjaga. Jadi jangan mudah tergiur oleh harga murah yang pada nantinya akan membuat kita sendiri yang repot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar